Bajakah

Dalam jurnal Halal Critical Point Analysis of Bajakah Wood (Spatholobus littoralis Hassk.) Nano Particle as Anticancer Agent oleh Lelly Yuniarti, dkk. (2021) disebutkan bahwa kayu bajakah mengandung senyawa aktif fenolik, flavonoid, tanin, dan saponin yang berpotensi sebagai antikanker.

Senyawa saponin dan tanin dapat merangsang terjadinya angiogenesis, yaitu bagian penting dalam proses penyembuhan luka. Sementara, flavonoid dan fenolik salah satunya berfungsi dalam bioaktivitas antikanker.

Mengutip Buku Referensi Batang Pohon Bajakah Tampala sebagai Peningkat Imunitas oleh Bela Novita Amaris Susanto, dkk. (2022: 14-15), berikut beberapa klaim manfaat kayu bajakah bagi kesehatan.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan kayu bajakah terdapat beragam zat aktif yang dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya saponin. Kandungan ini merupakan senyawa kimia glikosida aktif yang memiliki kemampuan sebagai imunomodulator dengan meningkatkan produksi antibodi.

  1. Melawan Sel Tumor dan Kanker

Kandungan senyawa fitokimia dan antioksidan yang terdapat pada kayu bajakah dinilai bisa melawan sel tumor dan kanker.

  1. Sumber Antioksidan Alami

Kayu bajakah mengandung senyawa fenolik, tanin, steroid, alkaloid hingga terpenoid yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Antioksidan berperan penting dalam menangkal efek radikal bebas.

Selain itu, antioksidan juga mampu membantu penyembuhan penyakit degeneratif, kerusakan hati, penyakit kardiovaskular, diabetes, hingga kanker.

  1. Mencegah Infeksi Bakteri

Ekstrak kayu bajakah memiliki manfaat untuk mencegah infeksi bakteri, khususnya bakteri Escherichia coli. Manfaat kayu bajakah ini dinilai berasal dari kandungan senyawa alaminya, seperti flavonoid, saponin, tanin, dan polifenol.

  1. Menyembuhkan Luka

Kayu bajakah memiliki kandungan senyawa flavonoid, fenolik, dan tanin yang dapat mempercepat penyembuhan serta menghentikan perdarahan pada luka.

Hal ini dapat terjadi karena ketiga senyawa tersebut merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka yang mendukung proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.